Danau Jalan Pangen

Sen, 05/23/2016 - 16:30 master

Danau Jalan Pangen terletak di Kecamatan Kamipang. Danau ini dapat ditempuh dari Kota Palangka Raya melalui kota Kasongan dengan perjalanan darat selama 1,5 jam, selanjutnya menuju Desa Baon Bango Kecamatan Kamipang dengan perjalanan darat selama 1,5 jam. Perjalanan dilanjutkan dengan perahu klotok selama 30 menit. Bagi para penyuka wisata petualangan, Danau Jalan Pangen sangat menarik karena masih sangat alami dan untuk menuju kesana harus menembus hutan rawa yang cukup lebat.

Danau Jalan Pangen memiliki tingkat keanekaragaman jenis ikan dengan indeks yang cukup tinggiada beberapa spesies yang termasuk dalam The IUCN Red List of Threatened Species (2013) kategori Least Concern yaitu Channa maurilius (Peang), dan Notopterus chitala (Balida). Spesies-spesies yang termasuk dalam The IUCN Red List of Threatened Species merupakan spesies-spesies langka yang perlu dikonservasi sehinggakeberadaannya tetap lestari. Ikan Peang (Chana maurilius) merupakan ikan yang berasal dari AsiaSelatan tepatnya adalah daerah di India-Pakistan (Bhatti et al. 2013) sebaliknya Ikan Balida (Notopterus chitala) merupakan ikan asli Indonesia (Mardiastuti et al. 2008).



Danau Jalan Pangen dapat berkembang sebagai salah satu ikon ekowisata yang menarik di Kabupaten Katingan. Namun ada beberapa kendala yang nampak saat ini salah satunya adalah kegiatan penambangan emas tanpa izin (PETI) yang beroperasi di sisi dalam Danau Jalan Pangen. Dari hasil pemantauan kualitas air Danau Jalan Pangen Semester I Tahun 2016 yang dilakukan oleh Laboratorium Pengujian Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, beberapa parameter kualitas air ditemukan dalam nilai yang mengkhawatirkan, salah satunya adalah DO (Dissolved Oxygen-Oksigen Terlarut) diatas baku mutu Air Sungai Kelas II. Penurunan kualitas air tentu saja akan mempengaruhi kelimpahan ikan bahkan disuatu hari akan terjadi kepunahan ikan endemik di Danau Jalan Pangen. Kegiatan PETI memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap ekosisten Danau Jalan Pangen karena danau tersebut termasuk danau tipe tertutup, dengan demikian perlu upaya lintas sektoral agar kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan dampak lingkungan yang dapat dipantau dan dikendalikan (iogy).


Referensi :

Suprobowati, et.al (2014) Potensi Ekowisata Danau di Kawasan Kamipang Kalimantan Tengah, Biosaintifika. Journal of Biology &   Biology Education