IKLH kabupaten Katingan diatas Target Nasional

Kam, 08/10/2017 - 11:32 admin

DLH KatinganNews-.Upaya memelihara, mengurangi laju kerusakan dan pemulihan kualitas lingkungan terus dilakukan tidak saja oleh pemerintah namun dilakukan pula oleh semua elemen masyarakat. Untuk mengetahui tingkat pencapaian upaya-upaya tersebut perlu ditetapkan tolok ukur pencapaian yang mudah dipahami sehingga mempermudah pengambil kebijakan dan masyarakat untuk memperoleh informasi mengenai tingkat pencapaian terhadap upaya yang telah dilakukan. Informasi tersebut dikemas dalam bentuk sederhana, mengingat informasi mengenai pencemaran dan kerusakan lingkungan yang bersifat kompleks.

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) merupakan gambaran atau indikasi awal yang sederhana namun tetap mempertahankan makna atau esensi dari masing-masing indikatornya dan memberikan kesimpulan cepat dari suatu kondisi lingkungan hidup pada lingkup dan periode tertentu serta dijadikan sebagai acuan bersama bagi semua pemangku kepentingan dalam mengukur kinerja perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

 Di dalam Peraturan Presiden nomor 43 tahun 2014 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2015 ditetapkan target IKLH Nasional sebesar 64.5. Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Lingkungan Hidup pada tahun 2016 menghitung IKLH Kabupaten Katingan dengan menggunakan data kualitas air, udara dan tutupan lahan /hutan sebagai indikator sebagai dasar perhitungan menunjukan angka 76.18 termasuk Klasifikasi Baik.

IKLH ini diharapkan bisa bermanfaat untuk mengetahui kondisi kualitas lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Katingan serta dapat membantu untuk mengevaluasi efektifitas program dan kegiatan dalam peningkatan kualitas lingkungan hidup sehingga arah dan sumber daya yang ada dapat ditujukan untuk pengelolaan kualitas lingkungan dapat digunakan secara lebih tepat, efektif dan efisien.

Link Download :


http://konservasiborneo.katingankab.go.id/download/iklh-kab-katingan-tah...


Reporter : Noga Yetra

Editor : Yogi Baskara