Kasongan Kota Hijau

Rab, 03/30/2016 - 08:10 master

Pertumbuhan kota yang begitu cepat berimplikasi terhadap timbulnya berbagai permasalahan perkotaan seperti kemacetan, banjir, permukiman kumuh, kesenjangan sosial, dan berkurangnya luasan ruang terbuka hijau. Permasalahan perkotaan semakin berat karena hadirnya fenomena perubahan iklim, sehingga kota menjadi tidak nyaman untuk ditinggali. Upaya memberikan kenyaman dan lingkungan sehat bagi warga kota, konsep Kota Hijau dapat menjadi solusi bagi pelaku pembangunan.

Kota Hijau sedang dicanangkan di seluruh dunia agar masing-masing kota memberi kontribusi terhadap penurunan emisi karbon untuk penurunan pemanasan global. Kota hijau merupakan simbol kedekatan alam dengan pembangunan. Karakteristik dan kerentanan alam menjadi dasar terhadap konsep pembangunan, begitu pula dengan Indonesia, yang saat ini telah mencanangkan program kota hijau yang berbasiskan masyarakat melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang dalam implementasinya dimuat dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten dan Kota. Penyelenggaraan penataan ruang yang terintegrasi menjadi unsur penting di dalam mewujudkan ruang yang nyaman, produktif dan berkelanjutan. Bersama-sama Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota di dalam menjalankan program P2KH diharapkan bisa memenuhi ketetapan Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, terutama guna mencapai Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 30 %, yang sekaligus juga merespon perubahan iklim yang terjadi.

Untuk menjalankan Program Pengembangan Kota Hijau, maka Kabupaten Katingan yang beribu kota Kasongan mencanangkan Motto Kota Kasongan yaitu "Kasongan Kota Hijau”(The Green Kasongan). Kota Kasongan dicanangkan sebagai "Kasongan Kota Hijau" (The Green Kasongan), karena beberapa hal, yaitu : Wilayah Non Hutan (APL) yang akan dicadangkan untuk mendukung Konservasi Katingan untuk Borneo dan wilayah hutan eksisting.

Fokus pada wilayah Kota Kasongan, yang disusun dan direncanakan dalam dokumen Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Kasongan yang meliputi 3 (tiga) Kecamatan (Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing dan Tasik Payawan) seluas 2.377 Km²dengan meliputi antara lain : 

  • RTH (Ruang Terbuka Hijau)
  • Hutan Kota
  • Taman Kehati
  • Kebun Raya Katingan,
  • Regulasi &Identifikasi tanaman khusus dengan memiliki batang besar (durian, manggis, langsat dan lain-lain) milik masyarakat untuk dipelihara dan dilindungi(diserahkan kepada pemerintah untuk dipelihara dan menjadi tanaman yang dilindungi).

Rincian penggunaan Kawasan Konservasi dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di RDTR Perkotaan Kota Kasongan, sebagai berikut :

Rincian Penggunaan Kawasan