Latar Belakang dan Isu Strategis KKB

Jum, 04/22/2016 - 07:54 admin
Hutan Katingan

Rencana aksi tiga negara (Brunai Darussalam, Indonesia dan Malaysia untuk pelestarian jantung Kalimantan (Heart Of Borneo-HoB) pada konvensi keanekaragaman hayati (CDB-COP-9) di Bonn Jerman (12 Pebruari 2007), merupakan Landscape terbesar yang diperhatikan dunia sebagai suatu kawasan hutan tropis basah di Kalimantan.

Kepedulian terhadap penurunan kualitas lingkungan terutama kualitas hutan di Pulau Kalimantan khususnya di Kabupaten Katingan, yang ditunjukkan dengan makin rendahnya produktivitas hutan, hilangnya potensi keanekaragaman hayati, serta fragmentasi hutan dari satu kesatuan yang utuh dan saling terhubung. Penurunan kualitas lingkungan tersebut antara lain disebabkan oleh kebutuhan pengembangan wilayah baru non hutan, seperti pembukaan lahan untuk perkebunan sawit, pertanian, pertambangan dll.

Kabupaten Katingan menjadi salah satu landscape USAID IFACS Kabupaten di Pulau Kalimantan  selain dua pulau (Sumatera dan Papua) yang menjadi orientasi wilayah perhatian dunia dibidang penurunan karbon dan emisi. Komitmen Pemerintah Kabupaten Katingan untuk menjadikan Katingan sebagai satu wilayah untuk borneo.


Topik Terkait :


  1. Gambaran Umum Konservasi Katingan untukl Borneo (KKB)

  2. Definisi Konservasi Katingan untuk Borneo (KKB)

  3. Tujuan Kabupaten Konservasi

  4. Cakupan Wilayah Konservasi