Pantauan Titik Api Bulan Maret 2017

Sel, 04/18/2017 - 15:45 admin
Foto Pemantauan Udara Saat Kabut Asap 2015

DLHKatinganNews. Menindaklanjuti  fluktuasi perubahan Iklim selama 3 (tiga) bulan terakhir, yaitu Januari, Februari dan Maret 2017 terkait dengan potensi bencana Kabut Asap yang disebabkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan melakukan Pemantauan Harian terhadap titik api yang terdeteksi di wilayah Kabupaten Katingan, meliputi : identifikasi titik koordinat, aktu akuisisi, tingkat kepercayaan, satelit, desa dan kecamatan.

Identifikasi tersebut bersumber dari satelit Terra, Aqua dan SNPP Lapan melalui website:    http://sipongi.menlhk.go.id/. Berdasarkan hasil pemantauan diidentifikasi tidak terdapat Titik Api pada Maret 2017. Titik Api pada Maret 2017 yang cenderung nihil dipengaruhi oleh Curah Hujan yang cukup tinggi mencapai 287 mm bersifat Diatas Normal.

Melihat kondisi sebagaimana data hasil pemantauan Titik Api, Curah Hujan dan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) maka dengan ini disampaikan,   potensi Titik Api pada April 2017 cenderung kecil, karena diperkirakan intensitas Curah Hujan tetap tinggi pada April 2017, yaitu berkisar 100 – 150 mm. Namun tetap diperlukan kewaspadaan terhadap potensi munculnya titik api, terutama apabila tidak terjadi hujan selama 5 (lima) hari berturut-turut, sebagai upaya mitigasi terhadap potensi Karhutla. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan secara kontinu melakukan Pemantauan Harian terhadap Titik Api, Curah Hujan dan Kualitas Udara Ambien.

Adapun pemantauan kualitas udara ambien per bulan dilakukan setiap akhir bulan berlokasi di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan dengan parameter TSP, NO2, SO2, CO. Pengukuran parameter PM10 tidak bisa dilakukan karena keterbatasan bahan uji.

(Sumber : Release Seksi Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Katingan)

 

Kontributor           : Noga Yetra S.Si

Editor                    : Yogi Baskara S.Si