Riam Mangkikit

Sen, 07/25/2016 - 12:58 admin

Terletak di Desa Tumbang Kalemei, Kecamatan Katingan Tengah, Riam Mangkikit adalah salah satu dari tiga  riam (jeram) yang paling berbahaya di sungai Katingan, dua riam yang lainnya adalah Riam Sangkai, dan Riam Taberai. Walaupun berbahaya bukan berarti riam tersebut tidak dapat ditaklukkan, banyak dari tukang perahu kelotok di Tumbang Samba yang telah mengantarkan para penyuka wisata petualangan menaklukkan derasnya Riam Mangkikit.

Perjalanan menuju Riam Mangkikit dapat ditempuh dari Kota Palangkaraya, dengan perjalanan darat menuju Kota Kasongan (87 km -  1,5 jam perjalanan) kemudian berbelok menuju Tumbang Samba sejauh 97  km ( 2 jam perjalanan) dengan kondisi jalan beraspal mulus. Tiba di Tumbang Samba para penyuka petualangan dapat beristirahat sejenak menikmati berbagai hidangan khas Kalimantan Tengah diberbagai warung makanan yang tersedia. Bila menghendaki menginap, disini juga tersedia beberapa Penginapan dengan kondisi bersih dan cukup baik.

Dari Tumbang Samba, perjalanan menuju Riam Mangkikit ditempuh  dengan perahu klotok selama 1 (satu) jam kearah hulu sungai Katingan. Wisatawan dapat memilih perahu klotok dengan berbagai ukuran, namun disarankan menggunakan perahu klotok dengan ukuran sedang dengan pengemudi yang mahir dan menguasai medan menaklukkan Riam Mangkikit.


Riam Mangkikit
 "Riam Mangkikit" Countesy : Muhammad Rochim

Riam Mangkikit nampak seperti Pulau Batu ditengah sungai dengan aliran air yang deras di celah-celah sempit batu. Perahu yang digunakan untuk menembus keganasan Riam Mangkikit harus dipastikan dalam kondisi prima, kejadian karamnya perahu hingga menelan korban biasanya terjadi karena mesin tiba-tiba mati atau tali kemudi putus ketika menembus riam. Setelah menembus keganasan Riam Mangkikit, para petualang dapat beristirahat disebuah rumah Panggung dipinggir sungai  yang telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Katingan sebagai rumah peristirahatan. Dari Rumah itu para petualang dapat menikmati keindahan alam disekitar Riam Mangkikit, sekaligus mengabadikan beberapa gambar sebagai kenangan petualangan menembus Riam Mangkikit. Setelah cukup istirahat para petualang dapat bersiap kembali menembus Riam Mangkikit untuk kembali pulang ke Tumbang Samba.

Untuk melengkapi kunjungan wisata petualangan di Kabupaten Katingan, para petualang dapat pula mengunjungi Obyek Wisata Bukit Batu di Kota Kasongan dan Resort pengamatanan Orang Utan Panggu Alas di Kec. Kamipang yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat dan air dari Kota Kasongan (iogy)