Kebun Raya

Hadirnya Kebun Raya Katingan dengan luas kawasan 127 ha, yang berlokasi dikawasan bukit batu di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah cukup membawa angin segar dalam upaya pelestarian dan konservasi ex-situ khususnya untuk tumbuhan atau buah-buahan lokal terlebih tumbuhan tropis Kalimantan.

Kebun Raya Katingan mulai dibangun setahun setelah penandatanganan MoU antara LIPI dan Pemda Kabupaten Katingan pada tahun 2005 mengenai pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pendayagunaan sumber daya di Kabupaten Katingan. Sampai dengan akhir Bulan Februari 2013, jumlah koleksi tertanam di Kebun Raya Katingan  sebanyak 60 jenis, 779 spesimen. Sedangkan di pembibitan sebanyak 450 jenis, 3.968 spesimen.
Zona Buah Lokal di Kebun Raya Katingan

Namun demikian Kebun Raya Katingan sepertinya belum menyiapkan zona konservasi khusus untuk anggrek spesies. Padahal Kabupaten Katingan adalah salah satu daerah yang memiliki hutan dengan kekayaan anggrek alam yang sangat potensial untuk dikembangkan.

 Aggrek adalah kelompok tumbuhan yang termasuk kedalam  suku  Orchidaceae, salah satu kelompok tumbuhan terbesar di dunia. Dari 20.000 jenis anggrek spesies yang tersebar di seluruh dunia, di perkirakan 6000 diantaranya tersebar di hutan-hutan Indonesia (Sandra, 2002). Dari jumlah tersebut Kalimantan dan Papua adalah penyumbang tertinggi keanekaragaman anggrek spesies di Indonesia.

Lajunya deforestasi dan tingginya tekanan terhadap hutan akan berdampak pada kelangkaan dan musnahnya anggrek spesies yang ada. Kegiatan pertambangan, perkebunan serta logging sudah semestinya tidak tutup mata terhadap keberadaan anggrek spesies atau anggrek alam. Upaya pelestarian ex-situ adalah langkah alternatif konservasi anggrek khsusunya untuk anggrek spesies yang telah kehilangan habitat aslinya. Jika semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat bisa saling bekerjasama kita optimis, di masa depan nasib peranggrekan Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Katingan khususnya bisa lebih baik.